30
Apr
10

Parfum bagi perempuan,

Aku dapat nyontek nih artikelnya  *perasaan nyontek mulu, hhe  😀 *  

aku baca blog nya temen, yang isinya tentang hukum parfum bagi perempuan, ternyata klo perempuan pake parfum itu gk boleh, walaupun cuma setetes, nah loh , hhe,,, 😀 , ya untungnya aku ini sdh lama gk prnah pke parfum lagi, jadi santai dong 🙂 . dulu klo aku pke parfum, uh,,,,baunya gk ketulungan, sampe akupun bersin karna parfum ku sendiri 😀  *dasar dodol*  ya aku memang suka berlebihan klo pake parfum, tapi itu dulu,,,,:D, sekarang gk lagi, soalnya aku ngerasa klo aku pake parfum itu kesannya ganjen, cari perhatian, ah gk banget deh, jadinya aku gk pernah beli parfum lagi 🙂 

Gk tau haram atau apa sih hukumnya, tapi yg aku bisa nyatakan disini itu, tidak boleh perempuan memakai parfum walau hanya setetes. 

nih, aku copas penjelasannya 🙂

  1. Nabi Shalallahu alaihi wassalam bersabda:”Siapa saja perempuan yang memakai harum-haruman (parfum) maka janganlah ia menghadiri shalat isya (dimasjid) bersama kami” {Shahih riwayat Imam Ahmad,Muslim, Abu Dawud, dan Nasa’i dari jalan Abu Hurairah, juga lihat kitab Ash-shahihah hadits no.1094)
  2. Dari Abu hurairah : “Bahwa seorang wanita berpapasan dengannya dan bau wewangian (parfum) menerpanya.Maka Abu Hurairah berkata:”Wahai hamba Allah! apakah kamu hendak kemasjid?”ia menjawab:”Ya!” Abu Hurairah kemudian berkata lagi:”Pulanglah saja, lalu mandilah! karena sesungguhnya aku telah mendengar Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda:”Jika seorang wanita keluar menuju masjid sedangkan bau wewangiannya menghembus maka Allah tidak menerima shalatnya, sehingga ia pulang lagi menuju rumahnya lalu mandi (baru kemudian shalat kemasjid” {Hadits shahih, dikeluarkan oleh Al-baihaqi (III/133 dan 246) lihat silsilah Hadits Shahihah Syaikh Albani 3/1031)
  3. Nabi shalallahu alaihi wassalam bersabda:”Siapa saja perempuan yang memakai minyak wangi kemudian keluar ke masjid niscaya tidak diterima shalatnya sehingga ia mandi dahulu (membersihkan dirinya dari wangi-wangian tersebut) ” {Shahih riwayatb Ibnu Majah dari jalan Abu Hurairah}

wah, ke masjid pake wangi2an, gk boleh tuh teman2, terutama teman2 ku yg perempuan, gk boleh ya pokoknya 🙂

kan kita sering tuh, klo kemasjid pake wangi2an, apalagi klo bulan ramadhan atau idul fitri malah,  nah, buat para perempuan, itu tidak boleh, ok! 🙂

aku copas lagi nih penjelasannya 🙂

Hadits ini diriwayatkan dari jalan Abu Musa Al-Asyari Radhiyallahu anhu dia menceritakan bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi wassalam telah bersabda:

“Siapa saja perempuan yang memakai minyak wangi, kemudian ia keluar lalu ia melewati suatu kaum (orang banyak) supaya mereka mendapati (mencium )baunya , maka dia itu adalah perempuan zina /tuna susila”(Hadits ini hasan shahih diriwayatkan Imam Ahmad(4/414),Abu Dawud(4173),Tirmidzi(2786),An-Nasa’i(8/153)).

nah loh, diponis sebagai wanita tuna susila, mau emang nya 😀 

Jadi bagi siapa saja wanita muslimah yang memakai parfum ketika keluar rumah akan terkena ancaman ini. Alasan pelarangannya sudah jelas yaitu bahwa hal itu dapat membangkitkan syahwat kaum laki-laki.Al-Alamah Al-Mubarakafuri Rahimahullah menjelaskan hadits diatas dengan mengatakan:

“Yang demikian itu disebut berzina karena wangi-wangian yang dikenakan wanita dapat membangkitkan syahwat laki-laki dan menarik perhatian mereka. Laki-laki yang melihatnya berarti telah berzina dengan mata dan dengan demikian wanita itu telah melakukan perbuatan dosa “(30 larangan Wanita 30-31).

begitu pula dengan Syaikh Albani beliaupun menyampaikan penjelasan hadits diatas (hadits 1,2,3 dan yang terakhir ) dengan berkata:

“Jika hal itu (memakai wewangian ) saja diharamkan bagi wanita yang hendak keluar masjid, lalu apa hukumnya bagi yang hendak menuju pasar, atau tempat keramaian lainnya??tidak diragukan lagi bahwa hal ini jauh lebih haram dan lebih besar dosanya.AlHaitsami dalam kitabnya Az-Zawajir (2/37) menyebutkan bahwa keluarnya seorang wanita dari rumahnya dengan memakai harum-haruman dan berhias adalah termasuk perbuatan dosa besar, meskipun suaminya mengijinkannya.(Jilbab Wanita muslimah 143).

Mungkin akan timbul pertanyaan dalam benak kita, kalau memakai parfum haram hukumnya (ketika keluar rumah) lalu bagaimana mengatasi bau badan kita???tentunya kita akan malu dan tidak percaya diri berdekatan dengan teman-teman di kampus, sekolah, rumah sakit dan sebagainya.Bagaimana ini???ukhti-ukhti jangan khawatir sekarang ini banyak produk yang dijual dipasaran untuk mengatasi masalah tersebut.Dari yang berbentuk bubuk sampai cairpun dijual bebas.Pilihlah yang tidak memakai wewangian (fragarance free),apalagi kalau ukhti rajin minum jamu maka tidaklah sulit untuk mengatasi masalah “bau badan ini” dengan rajin mandi, minum jamu dan memakai produk khusus untuk mengatasi “bau badan” maka insya Allah kita akan terhindar dari bau yang tidak menyenangkan itu.Sehingga kita tidak akan bergantung lagi dengan parfum , bila ukhti dirumah maka islam tidak melarang seorang wanita muslimah memakainya, kita bebas memakainya asalkan kita yakin parfum itu tidak akan tercium oleh laki-laki yang bukan mahram kita.jadi kita nggak mau kan terjerumus dalam kesalahan fatal (dosa) hanya gara-gara dari setetes parfum yang kita pakai ketika keluar rumah.

nah, ternyata haram hukum nya memakai parfum keluar rumah bagi seorang perempuan, tapi klo di dalam rumah gmn? gk tau juga sih hhe, 😀 tapi masa sih mau pake parfum didalam rumah, biasanya juga gk pernah mandi kan klo dirumah, 😀

semoga bermanfaat, walaupun cuma hasil copas 😀

Iklan

5 Responses to “Parfum bagi perempuan,”


  1. April 30, 2010 pukul 8:55 am

    Wah, bagus tuh artikelnya,… Kalau dirumah pake minyak wangi boleh tuh kalau mau bermesraan sama suami tentunya,… tidak pakai minyak wangi saja, tapi mandi yang bersih, dandan secantik-cantiknya… dan… dan…. selanjutnya terserah anda…. terbang tinggi ke awan…

    Bagi yang belum nikah jangan baca komentar ini…. bahaya… termasuk yang punya blog ini…
    he…he…

  2. April 30, 2010 pukul 1:38 pm

    Yap, saya pernah denger mengenai hal ini.
    Saya paling ga suka kalo deket2 orang (cewek ato cowok) yang bau parfumnya menyengat banget. Serasa tuh orang ga pede dengan tubuhnya. Kalo soal bau badan kan bisa pake deodoran, ngapain pake parfum?

    Eh, sumbernya mana kok ga ditampilin? 😀

  3. 4 FaDhLi
    Mei 24, 2010 pukul 1:54 pm

    Iya ne. . . sumber ny mna? Hehe. . .

  4. 5 rainbroccoli
    Mei 27, 2010 pukul 9:10 am

    Oooooh…jadi pake parfum itu ga boleh ya buat perempuan..
    Sebenernyasih udah pernah denger tentang ini, tapi agak sulit stopnya
    karena uda jadi kebiasaan..
    Tapi kalo di depan suami boleh kan ?
    Makasih sharingnya ya.. 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: